banner 728x250

LBH Papua Desak Polisi Usut Tuntas Tragedi Kebakaran

IMG 20220510 WA0014 LBH Papua Desak Polisi Usut Tuntas Tragedi Kebakaran Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama
banner 120x600
726 Kali Dibaca

SUARA UTAMA, PAPUA –  Kantor LBH Papua mendapat teror dari orang tidak bertanggungjawab dengan membakar sebuah kendaraan roda dua dan hampir merambat ke sebuah mobil yang parkir didalam garasi yang terjadi pada Senin (09/05/2022).

Foto: Pamflet Poster/Redaksi Suara Utama Kembali Buka Kesempatan Bergabung Menjadi Jurnalis/Suara Utama ID
Foto: Pamflet Poster/Redaksi Suara Utama Kembali Buka Kesempatan Bergabung Menjadi Jurnalis/Suara Utama ID


Berdasarkan laporan yg diterima direktur LBH papua oleh media ini, “Penyebab kebakaran motor CBR yang diparkir dalam garasi mobil kantor LBH Papua sampai saat ini belum diketahui dengan pasti. Staf LBH Papua yang tinggal di Mess Kantor LBH Papua diketahui ketika ada bunyi ledakan kebakaran dari arah garasi mobil.

BACA JUGA : Motor CBR Terbakar, LBH Papua: Perbuatan Orang Terlatih Berniat Buruk


“Kami, staf LBH Papua kaget dan membuka pintu, melihat ada kobaran api yang menyala dari arah dalam garasi mobil tersebut,” ujarnya kepada Redaksi Suara Utama ID, Selasa (10/05/2022).

Melihat adanya api yang menyala, staf LBH Papua bersama warga sekitar bekerja sama mengambil air dan segera mematikan api yang menyala di motor itu.

Foto: ; Lowongan Pekerajaan di Lembaga AR Learning Center Yogyakarta/Mas Andre Hariyanto/Suara Utama
Foto: ; Lowongan Pekerajaan di Lembaga AR Learning Center Yogyakarta/Mas Andre Hariyanto/Suara Utama

Selanjutnya menarik motor yang terbakar keluar dari dalam garasi mobil kantor LBH Papua.
Setelah api dimatikan, staf LBH Papua melihat kondisi motor CBR yang terbakar ternyata tengkinya tidak meledak.

Menurut pengakuan pemilik motor CBR, motornya diparkir dalam garasi mobil LBH Papua menunjukan pukul 00:00 WIT. Sementara itu, dari hasil pemeriksaan di sekitar tempat kejadian ditemukan adanya sumbu dan ada pula bauh minyak tanah. Bahkan ada juga sebuah plastik yang didalamnya terisi sisa bensin.

BACA JUGA : Mas Andre Hariyanto Sabet Pengasuh Terbaik di Pondok Ramadhan dan LIMANDA

Terlepas dari temuan beberapa benda itu, staf LBH Papua juga mendapatkan keterangan dari 2 (dua) orang warga yang sempat melintas di depan kantor LBH Papua.

Kedua orang itu diketahui menggunakan switer hitam bertopi lengkap dengan masker lari keluar dari lingkungan kantor LBH Papua dan langsung naik motor terus pergi. Berdasarkan kondisi motor serta pengakuan pemilik motor CBR dan temuan benda-beda di sekitar tempat kejadian serta dikuatkan dengan keterangan dua warga yang melintas di atas, sudah mampu berikan dugaan kuat.

WhatsApp Image 2022 04 11 at 19.43.12 1 LBH Papua Desak Polisi Usut Tuntas Tragedi Kebakaran Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama
Foto: Program Kelas Pelatihan/AR Learning Center adalah Pusat Pembelajaran, Pendidikan dan Pengkaderan. Lembaga AR Learning Center/Suara Utama-081232729720/Suara Utama ID


“Penyebab kebakaran motor CBR itu merupakan perbuatan orang terlatih yang memiliki niat buruk dengan LBH Papua,” tandas Gobai.

Kejadian tersebut mendapat kecaman tegas dari Wirya Supriyadi, aktivis Enviromental and Human Right Defender (EHRD) yang mengecam tindakan tersebut.

“Saya mengecam upaya terror yg dilakukan kepada LBH Papua. Upaya teror untuk membungkam ataupun untuk membuat takut aktivis HAM untuk berbicara dan mengungkapkan kebenaran,”ujar Wirya Supriyadi, Kepala Divisi Advokasi WALHI Papua melalui pesan Wattsup yg diterima wartawan Suara Utama, pada selasa (10/05/2022).

Menurut Wirya Supriyadi, didapat informasi bahwa disekitar tempat kejadian perkara, ditemukan adanya sumbu baru dengan minyak tanah juga didapati juga sisa bensin di dalam sebuah plastik. Dirinya menduga hal itu sesuatu yang disengaja untuk meneror pimpinan dan staff LBH Papua. Karena hal ini pernah juga terjadi di LBH Yogyakarta pada 18 September 2021 yang lalu. Peristiwa lainnya yakni tahun 2019 dimana terjadi pembakaran oleh orang tidak dikenal yang menimpa rumah aktivitas WALHI NTB yang terus mengkritisi aktivitas pertambangan di propinsi tersebut.

Sementara itu Jhon F Tebai, Ketua UKM Demokrasi HAM dan Lingkungan (DEHALING) Universitas Cendrawasih yang juga sebagai aktivis EHRD saat dikonfirmasi media ini menyampaikan keprihatinannya atas kejadian tersebut.

“Saya sangat prihatin dengan terror yang terjadi di kantor LBH Papua. Dan saya mendesak agar pihak kepolisian bisa mengusut tuntas kasus dan motif dibalik semua ini. Tangkap dan adili pelaku teror kepada LBH Papua”, tegas Tebai.

Menurut Tebai, jika pelaku tidak tertangkap maka akan jadi preseden buruk bagi aktivis HAM di Papua. Karena hal seperti akan bisa menimpa siapa saja yang kritis kepada pihak-pihak tertentu. Dengan cara seperti ini adalah satunya untuk membungkam suara keadilan dan kebenaran.

Seperti diketahui bahwa Senin (09 Mei 2022) dinihari, terdapat sebuah kendaraan roda dua yang terbakar digarasi mobil dalam areal Kantor LBH Papua. Dan api sempat membakar sisi kanan belakang dari mobil yang sedang terpakir , api sempat dipadamkan oleh warga dan staff LBH Papua.

banner 468x60
Penulis: Jeffry BadiiEditor: Mas Andre Hariyanto
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90