12 Grup Yospan Keluar Sebagai Juara, As I Prov Papua Tengah Tutup Lomba Yospan

- Jurnalis

Senin, 21 Agustus 2023 - 09:35 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SUARA UTAMA, Nabire- Sebanyak 20 (dua pulu) finalis grup Yosim Pancar (Yospan) tampil memukau dan sangat menghibur masyarakat yang ikut menyaksikan berjalannya kegiatan perlombahan tari Yospan yang digelar Panitia Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-78  melalui Dinas Pemuda, Olarga, Ekonomi Kreaktif dan Pariwisata Provinsi Papua Tengah, di Gedung Olaraga (GOR) Kota Lama Nabire, Minggu (20/8) kemarin.

Asisten I Setda Provinsi Papua Tengah, Ausilius You, S.Pd.,MM,.M.Hum bersama  Sekretaris Dinas Pemuda, Olarga Ekonomi Kreaktif dan Pariwisata  turut hadir memompa semangat sekaligus menyaksikan berjalannya kegiatan lomba hingga selesai.

Para penari Yospan dari tiap grup berusaha mencuri perhatian para dewan juri dengan memainkan sinopsis yang dimatangkan sebelumnya oleh masing-masing pelatih. Disana ada lima dewan juri yang menilai. Mereka adalah seniman-seniman senior yang dimiliki kota Nabire, sebut saja Basarudin Warpete bertugas sebagai Ketua Dewan Juri, Yohenes Arwam Sekretaris Dewan Juri dan Agustina Modouw Anggota, Samsul Wataha Anggota, Yosebus Yoweni Anggota.

ADVERTISEMENT

IMG 20240411 WA00381 12 Grup Yospan Keluar Sebagai Juara, As I Prov Papua Tengah Tutup Lomba Yospan Suara Utama ID Mengabarkan Kebenaran | Website Resmi Suara Utama

SCROLL TO RESUME CONTENT

Usai para penari Yospan menampilkan kreaktifitas mereka dewan juri memutus 12 dari 20 grup finalis keluar sebagai juara. Masing-masing kategori terdiri dari 6 grup Yospan keluar sebagai juara, baik kategori umum maupun kategori pelajar terdiri dari juara  harapan tiga grup dan juara  tiga grup.

BACA :  Mantan Kapolres Dogiyai Lakukan Tindakan Semena-mena, Segera Evaluasi Jabatannya

Sekretaris Dewan Juri, Yohenes Arwam menyebutkan hasil keputusan penilaian dewan juri adalah untuk kategori pelajar keluar sebagai juara harapan III dengan jumlah nilai 2128 jatuh pada nomor peserta 19, juara harapan II jumlah nilai 2162 jatuh pada nomor peserta 17 dan juara harapan I dengan jumlah nilai 2167 dengan nomor peserta 16. Sedangkan juara III  jumlah nilai 2230 nomor peserta 15, Juara II  jumlah nilai 2438 degan nomor peserta 14 dan Juara I berhasil mengumpulkan nilai 4288  dengan nomor peserta 18.

Untuk kategori umum keluar sebagai juara adalah yakni juara harapan III dengan jumlah nilai 2305 jatuh pada nomor peserta 02, juara harapan II jumlah nilai 2383 jatuh pada nomor peserta 06 dan juara harapan I dengan jumlah nilai 2395 dengan nomor peserta 12. Sedangkan juara III  jumlah nilai 2438 nomor peserta 01, Juara II  jumlah nilai 2454 degan nomor peserta 10 dan Juara I berhasil mengumpulkan nilai 2459  dengan nomor peserta 11.

Yohanes mengaku, keputusan  dewan juri adalah merupakan murni hasil penilai dari penampilan setiap peserta lomba. Rejukan penilaian yang digunakan berdasarkan kesepakatan bersama dengan setiap grup peserta lomba pada teknical meting yang digelar sebelum pelaksanaan lomba.

“Kami tidak memihak dari sekolah mana atau sangar darimana dan oleh siapa, tetapi hasil penilaian kami ada murni dari penampilan maing-masing peserta itulah yang jadikan penilaian kami dan keputusan final yang ditetapkan oleh dewan juri adalah berdasarkan hasil teknical meting,”akunya.

BACA :  Prodi PKO FIP Ubhara Sukses Adakan Penanganan Cedera Olahraga, Ini Kata Eskar T Denatara

Dalam sambutan Pj Gubernur Provinsi Papua Tengah, Dr. Ribka Haluk, S.Sos., MM yang disampaikan oleh Asisten 1 Setda Provinsi Papua Tengah, Ausilius You,S.Pd.,MM.,M.Hum mengapreasiasi dan berteima kasih kepada semua pihak yang turut mendukung suksesnya kegiatan perlombahan Yosim Pancar (Yospan) tersebut sehingga dapat berjalan dengan baik, aman dan penuh sportif.

“Atas nama pemprov Papua Tengah, saya memberikan apresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada panitia, Polri, dewan juri para seniman, peserta lomba dan seluruh masyarakat yang hadir menyaksikan perlobaan yang berlangsung selama dua hari ini atas dukungan semua pihak kegiatan perlombaan ini dapat berlangsung dalam kondisi yang aman dan penuh rasa kekeluargaan dan itu sangatlah luar biasa,”tutur Ausilius.

Dikatakan Ausilius, dalam perlobaan pasti ada yang kalah, ada pula yang keluar sebagai pemenangnya adalah hal yang lumrah dan tergantung pada hasil penilaian dan keputusan para dewan juri berdasarkan penampilan peserta lomba. Sehingga para grup Yospan yang tidak keluar sebagai juara jangan kecil hati. Memaknai kekalahan ini sebagai kesempatan yang tertunda untuk merebut kemenangan pada event-event berikutnya.

BACA :  Wajah Baru Pengurus Ansor Ranting Desa Romben Guna

“Lebih dari itu, saya pesan, jadikan pengelaman menari atau kreaktifitas, skil dan kemampuan menari anak-anak ku sekalian ini sebagai langka awal untuk menjadi seniman-seniman di kota Nabire khususnya dan di tanah Papua Tengah umumnya, sebab terpelihara atau tidaknya budaya seni tari ini ada di pundak anak-anak sekalian pada masa yang akan datang,”imbuhnya mata agak berkaca.

Kepada masing-masing pemenang lomba mendapatkan hadia berupa pialah dan uang pembinaan. Kategori pelajar, Juara harapan I mendapatkan piala dan uang pembianaan sebesar 4 juta, juara harapan II mendapatkan piala dan uang pembianaan sebesar 3 juta dan juara harapan III mendapatkan piala dan uang pembianaan sebesar 2 juta. Sedangkan Juara I mendapatkan piala dan uang pembianaan sebesar 7 juta, juara  II mendapatkan piala dan uang pembianaan sebesar 6 juta dan juara III mendapatkan piala dan uang pembianaan sebesar 5 juta.

Untuk kategori umum, Juara harapan I mendapatkan piala dan uang pembianaan sebesar 5 juta, juara harapan II mendapatkan piala dan uang pembianaan sebesar 4 juta dan juara harapan III mendapatkan piala dan uang pembianaan sebesar 3 juta. Sedangkan Juara I mendapatkan piala dan uang pembianaan sebesar 8 juta, juara  II mendapatkan piala dan uang pembianaan sebesar 7 juta dan juara III mendapatkan piala dan uang pembianaan sebesar 6 juta.

Berita Terkait

Kanit Intelkam Polda Babel Raih Predikat Hukum dan Mediator di AR Learning Center
Liburan ke Jatim Park 3, Nginepnya Wajib di Villa Kawan Jaya Junrejo Batu
7 Tips Menghindari Stres Pasca Mudik Lebaran Idul Fitri
Puncak Arus Balik 39 Ribu Lebih Kendaraan Kembali ke Pulau Jawa dari Sumatera
6 Tantangan Jurnalis dalam Mempertahankan Integritas dan Kebenaran
Hari H Plus Empat Aidul Fitri 1445 H, Ribuan Warga Sesaki Wahana Pemandian Panjupian
Ketua DAP Wilayah III Domberay Tegaskan Ada Proteksi Kependudukan
Pasutri ini Nekad Bermotor dari Kalimantan Utara ke Tulang Bawang Lampung Setelah 4 Tahun Tak Mudik
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 16 April 2024 - 21:45 WIB

Kanit Intelkam Polda Babel Raih Predikat Hukum dan Mediator di AR Learning Center

Senin, 15 April 2024 - 22:08 WIB

Liburan ke Jatim Park 3, Nginepnya Wajib di Villa Kawan Jaya Junrejo Batu

Senin, 15 April 2024 - 20:46 WIB

7 Tips Menghindari Stres Pasca Mudik Lebaran Idul Fitri

Senin, 15 April 2024 - 14:45 WIB

Puncak Arus Balik 39 Ribu Lebih Kendaraan Kembali ke Pulau Jawa dari Sumatera

Senin, 15 April 2024 - 06:14 WIB

6 Tantangan Jurnalis dalam Mempertahankan Integritas dan Kebenaran

Sabtu, 13 April 2024 - 20:43 WIB

Ketua DAP Wilayah III Domberay Tegaskan Ada Proteksi Kependudukan

Sabtu, 13 April 2024 - 13:45 WIB

Pasutri ini Nekad Bermotor dari Kalimantan Utara ke Tulang Bawang Lampung Setelah 4 Tahun Tak Mudik

Jumat, 12 April 2024 - 16:24 WIB

Arus Balik Pemudik Mulai Padati Bakauheni Lampung

Berita Terbaru

Illustrasi Stress dan Relax  .Foto:pixabay.com/id/illustrations/search/stress

Artikel

7 Tips Menghindari Stres Pasca Mudik Lebaran Idul Fitri

Senin, 15 Apr 2024 - 20:46 WIB